Selasa, 21 Oktober 2014

Tentang Lamongan

Kabupaten Lamongan adalah sebuah kabupaten yang disebelah utara berbatasan dengan Laut Jawa, kemudian disebelah timur berbatasan dangan kabupaten Gresik, di selatan berbatasan dengan Kabupaten Mojokerto dan Jombang, serta di barat berbatasan dengan kabupaten bojonegoro dan Tuban.

 Di Lamongan terdapat banyak sekali kebudayaan, dari makanan khas, tarian, dan juga temapat wisata. Makanan yang terkenal di Lamongan adalah Soto Lamongan, Nasi Boran, Rujak Cingur, Tahu tek-tek, Wingko Babat, Tahu campur lamongan. Kota Lamongan juga terkenal banyak budayanya diantaranya yaitu Tari Boran, Tari Mayang Madu, Tari Turonggo Solah, Tari Caping Ngancak, Tari Silir-Silir dan Tari Sinau. Disamping makan dan kebudayaan Kota Lamongan juga terkenal akan wisatanya yaitu WBL (Wisata Bahari Lamongan), Maharani Zoo, wisata religi Sunan Drajat, Waduk Gondang, dan masih banyak wisata-wisata yang lainnya.
Ada dua tradisi yang terdapat di lamongan yaitu ketika ada pernikahan si perempuan yang harus melamar atau meminang si laki-laki dahulu dan tradisi sedekah bumi atau bersih desa yaitu sebuah upacara yang digunakan untuk membersihkan desa agar terhindar dari segala musibah.
Sebuah mitos yang diyakini orang lamongan khususnya di daerah kecamatan Glagah, menurut mereka ikan Lele merupakan "binatang yang dikeramatkan" maka dari itu mereka dilarang untuk memakan lele oleh leluhurnya yaitu Surajaya, Sebab Surajaya telah bernazar bahwa dia dan keturunannya tidak akan makan lele, karena lele telah menyelamatkannya.
Sekian profil singkat tentang kabupaten Lamongan, semoga bermanfaat :D

sember klik disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar